Total Pageviews

Saturday, June 29, 2013

Cara Diet - Olahraga tidak butuh rutin

Seperti sudah dibahas diartikel sebelumnya, bahwa resiko metabolic syndrome akan meningkat jika anda mengalami obesitas yang akan menuju pada kemungkinan besar anda menderita diabetes.
Sehingga untuk menurukan resiko metabolic syndrome ini, salah satu caranya anda harus tetap aktif (terutama bila anda sudah mengalami obesitas), bisa dengan aktifitas harian atau olahraga. Jumlah olahraga ditentukan oleh seberapa banyak anda ingin mengurangi kalori untuk menuju angka turun berat badan yang anda inginkan. Sehingga anda bisa memperkirakan berapa kali anda olahraga selama seminggu,
Baru-baru ini riset dari Queen's University di Ontario, Canada, menemukan bahwa ... baca selanjutnya ...Penelitian inii dipublikasikan di journal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism  pada 20 Juni 2013.
penelitian metabolic syndrome
Penelitian ini melibatkan 2324 orang dewasa diKanada dengan rentang umur 18 - 64 tahun, diteliti dari tahun 2007 sampai dengan 2011 oleh Canadian Health Measures Survey. Semua orang ini saat olahraga diukur dengan accelerometer 7 hari seminggu.
Peneliti membagi partisipan ini dalam 2 kelompok, kelompok yang aktif olahraga dan yang tidak aktif olahraga. Kelompok yang aktif olahraga diawasi olahraganya dengan tingkat aktifitas medium sampai kuat selama 5 hari atau lebih dengan waktu olahraga selama 30 menit atau lebih. Atau 4 hari selama seminggu dengan waktu latihan selama 30 menit/lebih.
Peneliti menemukan bahwa pada kelompok aktif olahraga dengan intensitas olahraga 5x seminggu (dengan waktu setiap olahraga hanya 30 menit an) mempunyai resiko metabolic syndrome yang lebih kecil dibanding dengan mereka yang olahraga 4x seminggu (dengan waktu setiap olahraga sama juga yaitu hanya 30 menit an) .
Tetapi, nilai perbedaannya sangat kecil. Sehingga diambil kesimpulan bahwa  ... baca selanjutnya ...